PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SMPN 4 MALANG
PERENCANAAN
SUMBER DAYA MANUSIA
DI
SMPN 4 MALANG
Viana
Rahmawati
Widi
Ika Cahyani
Wulan
Roudhotul Nasikha
Jurusan Administrasi
Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri
Malang, Jl. Semarang Nomor 5 Malang 65145
Abstract:
This study aims to describe
HR planning in Junior high school 4 Malang. This study uses a qualitative
approach. Data was collected through in-depth interviews, observations, and
documentation studies. The results of the study show: (1) parties involved in
HR planning; (2) HR planning steps; (3) HR planning principles; (4) HR planning
process time; and (5) strategies in preparing HR planning.
Keywords: planning, human resources,
school
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanan SDM
di SMP Negeri 4 Malang. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi,
dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pihak yang terlibat
dalam perencanaan SDM; (2) langkah
perencanaan SDM; (3) prinsip perencanaan SDM; (4) waktu proses perencanaan SDM;
dan (5) strategi dalam penyusunan perencanaan SDM.
Kata
kunci:
perencanaan, sumber daya manusia, sekolah
Perencanan
sumber daya manusia secara sistematis meramalkan kebutuan organisasi di masa
yang mendatang dalam menghadapi persaingan era globalisasi yang semakin
berkembang seiring dengan kemjuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena
itu suatu organisasi perlu menyusun dan memanajemen rencana Sumber Daya Manusia
secara sinergis guna mempersiapkan kompetensi dan kemampuannya untuk bersaing
dengan negara maju. Menurut (Sopiah, 2002:42)
perencanaan SDM secara sistematis meramalkan kebutuhan organisasi di masa
mendatang dan supply dari pegawai.
Apabila organisasi tidak mendapatkan staff dengan jumlah orang yang sesuai, maka
tujuan-tujuan yang strategis, operasional, dan fungsional bisa gagal dalam
mengeliti persaingan era global yang saat ini terus berkembang. Menurut (Sedarmayanti
2017:131) perencanan pendidikan adalah kegiatan untuk mengantisipasi
pemerintah atau kebutuhan dan suplai tenaga kerja organisasi di masa yang akan
datang. Dengan demikian perencanan sumber daya manusia adalah usaha untuk
menetukan dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang memiliki pengetahuan luas,
trampil dan memiliki kehlian yang responsive daalam bidangnya serta mampu
bersaing dengan berbagai negara asing.
Menurut
Sunarta menyatakan tujuan perencanaan SDM
adalah untuk mempergunakan SDM seefektif
mungkin agar memiliki sejumlah pekerja yang memenuhi persyaratan/ kualifikasi
dalam mengisi posisi yang kosong kapanpun dan apapun posisi tersebut. Dengan
tersedianya informasi tentang kebutuhan dan kualifikasi yang diinginkan, maka
dalam pelakasanaan rekrutmen, seleksi, penempatan, pemeliharaan, pengembangan,
dan pemberian kesejahteraan karyawan akan lebih mudah dan terkendali. Dengan
demikian tujuan dari SDM yakni untuk menyeimbangkan SDM sesuai dengan kapasitas
dan potesi kerja yang dimiliki secara terstruktur antara kebutuhan dan
ketersedian pekerjaan yang dibutuhkan.
Menurut
Sopiah (2002:43) manfaat yang diperoleh
untuk kepentingan dari perencanan SDM diantaranya: (1) kepentingan Individu
yaitu perencanan sumber daya manusia sangat penting bagai setiap individu
karyawan, karena dapat memebantu meningkatkan potensinya, (2) kepentingan
organisasi yaitu untuk mendapatkan calaon pegawai yang memenuhi kulalifikasi,
dan (3) kepentingan nasional yaitu untuk mengetahui pegawai yang memiliki
potensi tinggi sehingga dapat dimanfaatkan oleh pemerintah dalam rangka
mmeningkatkan poduktivitas nasional.
Menurut
Falahah (2017:26-27) dalam CSB (1996) lima langkah dalam membangun rencana
manajemen SDM yaitu: (1) melakukan analisis strategis tingkat departemental,
agar dapat dipahami visi, misi, dan nilai organisasi tingkat department, review
strategis tingkat departemen serta tantangan yang harus dihadapi oleh
departemen tersebut, (2) mengindentifikasi isu strategis SDM berdasarkan hasil
analisis strategis, (3) mengidentifikasi isu SDM strategis yang sedang
berjalan, khususnya yang mempengaruhi efektivitas department, (4) prioritisasi
isu strategis dan isu yang berjalan dan mengidentifikasi tindakan untuk
menyelesaikan isu, dan (5) membuat rencana manajemen SDM serta program yang
terkait berdasarkan masukan dari langkah-langkah sebelumnya.
Langkah-langkah
perencanan SDM menurut Falahah (2017:27) mliputi sebagai berikut: (1) menentukan
aktivitas atas proses utama; (2) menyusun program-program utama berdasarkan
hasil SWOT; (3) mendefinisikan KPI (key performance indicator) untuk setiap
program; dan (4) menyusun peta jalan implementasi program yang realistis dan
terukur.
Menurut (Simamora, 1997:73) dalam
praktek pelaksanaan perencanaan SDM yang efektif, pada era global seperti
sekarang ini tantangan yang harus dihadapi antara lain: (1) mempertahankan
keunggulan kompetitif; (2) mendukung keseluruhan strategi bisnis; (3) menghindari
konsentrasi berlebihan pada masalah-masalah harian; (4) menyusun
strategi-strategi SDM yang sesuai dengan karakteristik-karakteristik unik
organisasi; (5) menanggulangi perubahan lingkungan; (6) menyita komitmen
manajemen; (7) menterjemahkan rencana strategic ke dalam tindakan; (8) mengakomodasikan
perubahan-perubahan. Selain itu ada juga beberapa tantangan dalam hambatan
perencanan SDM. Menurut Sophia (2002:44)
tantangan perencanan SDM meliputi: (1) tantanggan eksternal; (2) keputusan-keputusan
organisasi; dan (3) faktor-faktor tenaga kerja.
Menurut
Sophia (2002:46) ada dua jenis supply
sumber daya manusia yang meliputi: internal dan eksternal. Supply internal
meliputi karyawan yang ada diproyeksiakan, ditrasfer, atau diturunkan untuk
mengisi kesempatan yang ada. Supply ekternal berasal dari luar organisasi.
Dengan demikian dapat di papparkan bahwa supply internal meliputi karyawan yang
diberikan kesempatan untuk mengembagkan kemampuannya. Sedangkan supply ekternal
yakni sesorang yang berada di luar organisasi untuk membantu dan mengembgkan
organisasi tersebut.
METODE
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif.
Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala SMPN 4 Malang. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui
secara mendalam tentang perencanaan manajemen sumber daya manusia yang terdapat
di SMPN 4 Malang. Kepala sekolah merupakan informan kunci terkait perencanaan manajemen
sumber daya manusia. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara
mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian
dianalisis, kemudian data disajikan dan ditarik kesimpulan. Untuk memperoleh
keabsahan data, peneliti menggunakan kriteria yakni keterpercayaan sumber dan
metode, kecukupan bahan referensi, dan kepastian.
HASIL
Berdasarkan data yang ditemukan peneliti melalui proses wawancara,
observasi, dan dokumentasi terkait perencanaan sumber daya manusia yang
terdapat di SMPN 4 Malang diperoleh temuan-temuan. Di
SMPN 4 Malang melakukan proses perencanaan sumber daya manusia. Perencanaan
sumber daya manusia merupakan kegiatan merencanakan kebutuhan sumber daya
manusia dimasa yang akan datang dari segi proyeksi kebutuhan, proyeksi, dan
pengembangan. Unsur yang harus terpenuhi dari SDM yakni menyempurnakan
kekurangan yang diperoleh berdasarkan evaluasi dan monitoring. Perencanaan
dilakukan secara bersama-sama, biasanya oleh para staff sekolah. Langkah-langkah
perencanaan SDM yaitu melalui evaluasi dari kegiatan tahun kemarin kemudian
direncanakan kedepan, yang perlu diubah dan yang perlu dikembangkan. Prinsip
perencanaan SDM yakni keberhasilan sebuah program harus lebih baik kedepannya.
Hambatan
perencanaan SDM biasanya berhubungan dengan pembiayaan, dan pengembangan SDM . Di
SMPN 4 Malang diadakan pelatihan-pelatihan bagi SDM dengan melakukan rapat
rutin untuk pengembangan, biasanya rapat diadakan satu bulan bisa dua kali, dan
kalau di awal semester itu ada rapat khusus. Kualitasnya SDM di SMPN 4 Malang
sudah sesuai dengan standarnya, jadi guru ngajarnya sesuai dengan jurusannya. Kunci
untuk meningkatkan kinerja SDM adalah dengan pengerjaannya dijalankan secara
bersama-sama, dan dilakukan sebuah pembinaan. Aktivitas yang berkaitan dengan
perencanaan SDM di sekolah ini yakni melakukan perencanaan anggaran sekolah
(RKAS), perencanaan kegiatan diluar sekolah, dsb.
Sasaran
yang ingin dicapai yaitu untuk muwujudkan tujuan, visi, dan misi sekolah. Yang
mendukung adanya proses perencanaan SDM adalah keinginan bersama untuk memajukan
dan mencapai visi, misi sekolah. Prosedur atau proses dalam melakukan SDM di
sekolah ini berdasarkan evaluasi, monitoring, dan tahu hambatannya apa,
kelemahan dan kekurangannya apa. Kelemahan : ketidaksamaan syarat, pandangan,
kemampuan, karakter. Keuntungan dilakukannya evaluasi SDM yakni sebagai pedoman
dalam hal menetapkan program ketenagakerjaan dan sdasar acuan dalam menilai
kinerja guru maupun tenaga kependidikan. Jika di sekolah ini kekurangan
pendidik atau tenaga kependidikan yang diangkat secara langsung oleh pemerintah
dalam artian sudah PNS maka sekolah berupaya melakukan pengrekrutan setelah itu
dilakukan pembinaan dan pemilihan bersama, serta diikutkan penataran, dsb. Disini
banyak guru non PNS ada 11 orang, untuk merencanakan itu semua dilakukan
pengrekrutan sesuai dengan kekurangan guru bidang mata. Proses perencanaan SDM
dilakukan diawal sebelum tahun ajaran baru. Strategi-strategi dalam penyusunan
perencanaan SDM yaitu dengan cara diumumkan siapa yang punya rancangan untuk
kedepannya. Evaluasi proses perencanan SDM dilakukan setahun sekali sebelum
ajaran baru.
PEMBAHASAN
Di
SMPN 4 Malang telah melakukan proses perencanaan sumber daya manusia.
Perencanaan sumber daya manusia sendiri adalah kegiatan merencanakan kebutuhan
sumber daya manusia dimasa yang akan datang. Perencanaan dilakukan secara
bersama-sama biasanyan oleh para staff sekolah. Waktu pelaksanaannya diawal
tahun sebelum tahun ajaran baru. Biasanya pihak sekolah melakukan rapat rutin
untuk pengembangan, biasanya rapat diadakan dalam satu bulan dua kali, dan
kalau di awal semester itu ada rapat khusus.
Dalam melakukan suatu perencanaan sumber daya
manusia maka setiap organisasi atau suatu lembaga pendidikan haruslah memiliki
perencanaan sumber daya manusia yang matang, karena hal tersebut sangat penting
bagi proses memajukan suatu organisasi atau suatu sekolah. Manusia adalah
faktor terpenting dalam proses mendukung perencanaan sumber daya manusia. Oleh
karena itu peran manusia sangat dibutuhkan dalam perencanaan sumber daya manusia
agar tujuan yang diinginkan tepat dan sesuai.
Faktor yang mempengaruhi adanya perencanaan sumber
daya manusia yaitu untuk mendukung adanya proses perencanaan sumber daya
manusia sebagai keinginan bersama untuk memajukan dan mencapai visi, misi sekolah.
Di SMPN 4 Malang ini memiliki banyak sumber daya manusia baik pendidik maupun
tenaga kependidikan dan haruslah memiliki sumber daya manusia yang kompeten dan
tepat sasaran. Mengingat visi dan misi yang amat berat untuk dapat dicapai oleh
SMPN 4 Malang, maka dalam hal ini kualitas sumber daya manusia sangat berperan
penting dalam perencanaan sumber daya manusia yang tepat sasaran dalam
melakukannya.
Kualitasnya SDM di SMPN 4 Malang ini sudah sesuai
dengan standarnya. Dalam menjalankan tugasnya baik dari segi pendidik maupun
tenaga kependidikan sudah sesuai dengan tujuan, dan fungsinya. Dalam hal ini
cara yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah
dengan melakukan pelatihan-pelatihan baik workshop
maupun seminar pendidik dan tenaga kependidikan. Selain itu,di SMPN 4
Malang juga menerapkan beberapa prinsip dalam meningkatkan kualitas sumber daya
manusia yaitu dengan cara melakukan prinsip keberhasilan sebuah program
kedepannya harus lebih bagus dan baik dalam pengembangan sumber daya manusia
yang lebih maju untuk mencapai tujuan, visi, dan misi sekolah. Sehingga
muncullah kulalitas sumber daya manusia yang tepat dan sesuai dengan tujuan
pendidikan
Untuk proses perumusan perencanaan sumber daya
manusia dijalankan secara bersama-sama, dan dilakukan sebuah pembinaan. Salah
satu contoh aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan perencanaan sumber daya
manusia di sekolah ini perencanaan anggaran sekolah (RKAS), perencanaan
kegiatan diluar sekolah, dsb. Perencanaan sumber daya manusia di sekolah ini
dilihat dari segi pengrekrutan guru atau tenaga pendidikan adalah dilakukannya
pengrekrutan sesuai dengan kekurangan guru bidang mata pelajaran di sekolah.
Adapun tujuan dan manfaat dilakukannya perencanan
sumber daya manusia di SMPN 4 Malang ini adalah untuk merencanakan kebutuhan
dimasa datang dengan baik dari segi proyeksi kebutuhan, maupun dari segi
proyeksi pengembangan. Namun ada tujuan lain yang dilakukan di SMPN 4 Malang
ini adalah untuk membantu menentukan tujuan pendidikan, termasuk perencanaan
kerja oleh guru maupun tenaga kependidikan dan tujuan tindakan afirmatif.
Tindakan afirmatif disini maksudnya adalah untuk meningkatkan proses
keberhasilan tujuan suatu lembaga pendidikan, baik secara visi maupun misi.
Tujuan selanjutnya adalah untuk melihat pengaruh program dan kebijakan
alternatif suatu sumber daya manusia yang dalam pelaksanaannya untuk menunjang
keefektifan suatu tujuan organisasi.
Manfaat dari diadakannya perencanaan sumber daya
manusia adalah memperbaiki penggunaan sumber daya manusia dan memadukan
kegiatan dan tujuan pendidikan dimasa yang akan datang. Selain itu juga untuk
melakukan pengrekrutan tenaga kerja baru sesuai dengan sumber daya yang
dibutuhkan disekolah tersebut dan membantu program penarikan tenaga kerja, baik
pendidik maupun tenaga kependidikan.
Ada beberapa unsur yang diperhatikan dalam
perencanaan sumber daya manusia yaitu:
1. Tujuan
Bahwa setiap organisasi mempunyai tujuan dan sasaran
bagaimana mereka beroperasi. Di SMPN 4 Malang ini sasaran yang ingin dicapai dalam
proses perencanaan sumber daya manusia adalah untuk muwujudkan tujuan, visi,
dan misi sekolah.
2. Perencanaan
Organisasi
Perencanaan
ditujukan untuk membantu mencapai tujuan organisasi. Perencanaak harus
mendukung fungsi-fungsi yang lain, seperti: pengorganisasian, susunan
kepegawaian, kepemimpinanan, dan pengendalian. Beberapa jenis perencanaan yang
ada di SMPN 4 Malang adalah menentukan misi, tujuan, kebijakan, prosedur,
aturan, program, dan anggaran.
3. Audit
sumber daya manusia
Dalam
hal ini pemeriksaan kualitas sumber daya manusia sangat ditekankan, karena
kualitas sumber daya manusia sangat berperan penting dalam memajukan suatu
organisasi. Di SMPN 4 Malang ini kualitas sumber daya manusianya sudah
standart.
4. Peramalan
sumber daya manusia
Meramalkan
kebutuhan tenaga merupakan hal terpenting dan juga hal tersulit dilakukan.
Pertama mengidentifikasi berbagai kendala yang memepengaruhi permintaan, baik
faktor yang mempengaruhi lansung maupun faktor tidak langsung atau perubahan
lingkungan enksternal. Proses pengrekrutan sumber daya manusia di SMPN 4 Malang
dilakukan sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja sesuai dengan profesinya.
Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam
perencanaan sumber daya manusia adalah dengan dilakukannya evaluasi dari
kegiatan tahun kemarin, kemudian direncanakan kedepannya seperti apa dan apa
yang perlu diubah dan dikembangkan. Selain itu terdapat prosedur atau proses
dalam melakukan perencanan sumber daya manusia yaitu dilihat berdasarkan
evaluasi, monitoring, hambatan, kelebihan dan kelemahan. Proses evaluasi disini
dilakukan setahun sekali sebelum tahun ajaran baru. Keuntungan dilakukannya
evaluasi perencanaan sumber daya manusia adalah sebagai pedoman dalam hal
menetapkan program ketenagakerjaan dan sebagai dasar acuan dalam menilai kinerja
guru maupun tenaga kependidikan.
Adapun strategi-strategi yang diperlukan dalam
penyusunan perencanaan sumber daya manusia adalah dengan cara diumumkan atau
dipublish siapa yang punya rancangan untuk menentukan sumber daya manusia
kedepannya. Namun dalam hal ini ada hambatan yang timbul dalam perencanaan
sumber daya manusia yaitu: (1) berhubungan dengan pembiayaan, dan pengembangan
sumber daya manusia; (2) tujuan yang tidak tepat; (3) sistem kompensasi yang
tidak tepat; (4) lingkungan eksternal yang kompleks dan dinamis; dan (4) kondisi
persaingan yang semakin tajam.
Salah satu cara mengatasi hambatan perencanaan
sumber daya manusia tersebut adalah memahami tujuan perencanan dan proses
penetapan tujuan. Hendaknya rencana dan tujuan yang dibuat oleh kepala sekolah
dikomunikasikan ke bawahannya dan melibatkan bahawannya dalam proses
pengambilan keputusan. Kominikasi dan partisispasi dapat meningkatkan komitmen
dalampelaksanaan perencanaan. Konsistensi antara tujuan yang lebih tinggi dan
tujuan yang lebih rendah, hendaknya dijaga. Karena merupakan proses yang
dinamis, perbaikan dan revisi perlu dilakukan melalui interval waktu yang
pendek.
KESIMPULAN DAN SARAN
Berdasarkan uraian dan pembahasan pada bab-bab sebelumnya, maka peneliti menyimpulkan bahwa perencanaan sumber daya manusia di SMPN 4 Malang sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang ada di SMPN 4 Malang. proses perencanaan Sumber Daya Manusia dilakukan bersama-sama dengan warga sekolah baik pendidikan maupun tenaga
kependidikan pada awal tahun atau awal semester sebelum tahun ajaran baru. Sasaran yang ingin dicapai dalam proses perencanaan Sumber Daya Manusia yaitu untuk muwujudkan tujuan, visi, dan misi sekolah. Sedangkan faktor yang mendukung adanya proses perencanaan Sumber Daya Manusia adalah keinginan bersama untuk memajukan dan mencapai visi, misi sekolah. ada beberapa kelemahan dalam merencanakan sumber daya manusia yaitu ketidaksamaan syarat, pandangan, kemampuan, dan karakter. sedangkan untuk keuntungannya adalah sebagai pedoman dalam hal menetapkan program ketenagakerjaan dan sebagai dasar acuan dalam menilai kinerja guru maupun tenaga kependidikan. Di SMPN 4 Malang ini kualitasnya Sumber Daya Manusianya sudah sesuai dengan standar. Dalam hal ini penulis merekomendasikan sebaiknya SMPN 4 Malang melakukan kontrol terhadap kinerja Sumber Daya Manusia dengan menggunakan pengamatan berjenjang. Karena tidak menuntut kemungkinan faktor personal Sumber Daya Manusia mempengaruhi pengambilan keputusan dalam pengamatan, khususnya untuk Sumber Daya Manusia yang baru yang belum begitu memahami budaya dan komunikasi Sumber Daya Manusia lainnya yang sudah lebih lama berada di SMPN 4 Malang, sehingga tidak ada lagi kelemahan-kelemahan dalam hal perbedaan pendapat.
kependidikan pada awal tahun atau awal semester sebelum tahun ajaran baru. Sasaran yang ingin dicapai dalam proses perencanaan Sumber Daya Manusia yaitu untuk muwujudkan tujuan, visi, dan misi sekolah. Sedangkan faktor yang mendukung adanya proses perencanaan Sumber Daya Manusia adalah keinginan bersama untuk memajukan dan mencapai visi, misi sekolah. ada beberapa kelemahan dalam merencanakan sumber daya manusia yaitu ketidaksamaan syarat, pandangan, kemampuan, dan karakter. sedangkan untuk keuntungannya adalah sebagai pedoman dalam hal menetapkan program ketenagakerjaan dan sebagai dasar acuan dalam menilai kinerja guru maupun tenaga kependidikan. Di SMPN 4 Malang ini kualitasnya Sumber Daya Manusianya sudah sesuai dengan standar. Dalam hal ini penulis merekomendasikan sebaiknya SMPN 4 Malang melakukan kontrol terhadap kinerja Sumber Daya Manusia dengan menggunakan pengamatan berjenjang. Karena tidak menuntut kemungkinan faktor personal Sumber Daya Manusia mempengaruhi pengambilan keputusan dalam pengamatan, khususnya untuk Sumber Daya Manusia yang baru yang belum begitu memahami budaya dan komunikasi Sumber Daya Manusia lainnya yang sudah lebih lama berada di SMPN 4 Malang, sehingga tidak ada lagi kelemahan-kelemahan dalam hal perbedaan pendapat.
DAFTAR RUJUKAN
Sedarmayanti. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen
Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama.
Simamora, H.
1997. Manajemen Sumber Daya Manusia.
Yogyakarta: STIE YKPN.
Sopiah.
2002. Manajemen Sumber Daya Manusia
(Jilid 1). Malang: UM Press.
Sunarta. Perencanaan Sumber Daya Manusia(Kunci Keberhasilan
Organisasi). Jurnal
publikasi:
FISE Universitas Negeri Yogyakarta
Komentar
Posting Komentar